top of page
Cari
Gambar penulisMarsel Estefan Lie

Apakah Laundry Baju Menerima Jasa Cuci Sepatu? Berikut Penjelasannya

Diperbarui: 8 Jul


seseorang ingin mencuci sepatunya di dalam mesin cuci

Laundry baju merupakan salah satu jasa yang cukup banyak ditemukan terutama di perkotaan. Layanan jasa ini tentu sangat membantu terutama untuk kita yang memiliki aktivitas padat setiap harinya. Dengan adanya laundry baju, kita bisa menggunakan jasanya untuk mencuci pakaian kita di saat kita sedang tidak memiliki waktu.


Namun selain baju, terkadang kita juga membutuhkan jasa mencuci sepatu. Tentu hal ini menjadi pertanyaan beberapa orang, apakah jasa laundry baju juga menerima pencucian sepatu? Nah pada artikel ini SiBersih akan menjelaskan secara detail apa saja yang perlu kamu ketahui saat ingin mencuci sepatumu di laundry baju, yuk disimak!


1. Beberapa Laundry Baju Menerima Cuci Sepatu

Saat ini banyak laundry baju yang menerima jasa cuci sepatu dikarenakan permintaannya yang cukup tinggi. Namun perlu kamu ketahui tidak semua laundry baju mau menerima cuci sepatu dikarenakan sepatu memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan baju. Selain itu banyak juga laundry baju yang menerima pesanan cuci sepatu namun dikerjakan oleh pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan laundry baju tersebut. Hal ini sudah cukup umum ditemui pada usaha laundry di Indonesia.


Oleh sebab itu sebelum kamu mencuci sepatumu di laundry baju ada baiknya kamu tanyakan terlebih dahulu mekanisme cuci sepatu yang dilakukan laundry baju tersebut seperti apa dan bagaimana jika terdapat keluhan dari pelanggan.


2. Laundry Baju Bukan Spesialis Sepatu

Meski banyak laundry baju yang menerima jasa cuci sepatu, perlu kamu pahami bahwa laundry baju tidak memiliki spesialisasi dalam mencuci sepatu. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian terutama jika sepatu yang mau kamu cuci berharga bagi kamu. Selain itu, pengurus laundry baju juga tidak begitu paham apa saja bahan-bahan sepatu sehingga kamu tidak melakukan konsulitasi dengan pengurus laundry baju.


3. Penggunaan Sabun yang Berbeda

Sabun yang digunakan laundry baju biasanya adalah deterjen khusus bahan katun, polyester, linen, dan bahan garment lainnya. Sedangkan sepatu memiliki bahan yang serupa namun tak sama, hal ini tentu perlu menjadi perhatian terutama sabun yang akan digunakan. Tidak menutup kemungkinan sabun yang digunakan laundry baju dapat membuat sepatu kesayanganmu rusak saat dicuci.


4. Cara Mencuci Sepatu Berbeda dengan Baju

Setiap orang tentu tau bagaimana cara mencuci baju, bisa menggunakan mesin cuci, dengan cara dikucek, direndam, atau metode lainnya yang umum ditemui. Namun berbeda dengan baju, untuk mencuci sepatu kita perlu mengetahui bahan dari sepatu tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan pencucian. Metode seperti merendam dan mengucek tidak direkomendasikan untuk mencuci sepatu. Oleh sebab itu, jika kamu menyerahkan sepatumu ke laundry baju, tentu hal ini dapat berpotensi merusak sepatu kamu.


5. Sepatu Memiliki Karakteristik yang Unik

Tidak seperti baju yang bahannya secara umum mirip, setiap sepatu memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada yang menggunakan bahan sensitif seperti leather sintetis atau suede sintetis yang tidak boleh dicuci dengan cara kasar. Karakteristik tersebut biasanya tidak diketahui oleh staff laundry baju sehingga tidak ada pengecekan terlebih dahulu di awal dan dapat menyebabkan kerusakan pada saat dicuci.


6. Penggunaan Mesin Cuci untuk Mencuci Sepatu

Terkadang ada laundry baju yang menggunakan mesin cuci untuk mencuci sepatu pelanggan. Hal ini sangat tidak direkomendasikan karena mekanisme mesin cuci dikhususkan untuk baju atau celana, bukan untuk sepatu. Sistem perputaran pada mesin cuci dapat membuat sepatu saling menghantam satu sama lain, dan dapat membuat sepatu menjadi lecet atau bahkan luntur.


7. Tidak Adanya Perawatan Khusus

Laundry khusus sepatu biasanya memiliki perawatan khusus seperti pemolesan, penggunaan minyak, dan penyemprotan parfum khusus sepatu. Perawatan tersebut tentu tidak akan diterapkan pada laundry baju yang mencuci sepatumu. Padahal perawatan di laundry sepatu bisa membuat sepatu milikmu menjadi lebih tahan lama dan tetap wangi loh.


Nah kira-kira seperti itulah penjelasan mengenai laundry baju yang menerima jasa laundry sepatu. Pada intinya, laundry baju tidak direkomendasikan untuk mencuci sepatu kamu, namun jika memang sedang kepepet kamu harus teliti dan menanyakan metode yang digunakan laundry baju tersebut ya!


Tapi daripada bingung mending yang pasti-pasti aja kan, langsung aja datang ke store SiBersih di Kuningan dan Tebet ya, kamu bisa cek detailnya melalui link berikut: sibersih.id/store-kami

ความคิดเห็น


Tertarik Cuci Sepatu di SiBersih?

Dan dapatkan layanan cuci sepatu berkualitas dengan garansi kebersihan sepatu!

bottom of page