top of page
Cari

Converse: Brand Sepatu Pertama yang Menjadi Trending di Dunia

Diperbarui: 8 Jul

Ketika kita berbicara tentang sejarah sepatu, ada satu brand yang selalu disebut-sebut sebagai pelopor dalam membuat sepatu menjadi tren global. Brand tersebut adalah Converse. Sebelum munculnya banyak brand sepatu terkenal seperti Nike, Adidas, atau Puma, Converse sudah lebih dulu mencuri perhatian dunia dan menjadi tren yang tak tergantikan. Mari kita telusuri bersama SiBersih perjalanan Converse sebagai brand sepatu pertama yang menjadi trending di dunia.

sepatu converse tua yang sudah ada sejak tahun 70an

Sejarah Singkat Converse

Converse Rubber Shoe Company didirikan pada tahun 1908 di Malden, Massachusetts, oleh Marquis Mills Converse. Awalnya, perusahaan ini fokus pada produksi sepatu berbahan karet untuk segala jenis cuaca. Namun, titik balik terbesar dalam sejarah Converse terjadi pada tahun 1917 dengan peluncuran sepatu basket pertama mereka, yang dikenal sebagai Converse All Star.


Lahirnya Ikon: Converse Chuck Taylor All Star

Pada tahun 1921, seorang pemain basket bernama Charles "Chuck" Taylor bergabung dengan perusahaan sebagai salesman dan duta besar. Ia membantu mendesain ulang sepatu basket Converse All Star, memberikan kontribusi signifikan terhadap kenyamanan dan performanya. Pada tahun 1932, namanya resmi ditambahkan ke dalam desain sepatu, menjadikan Converse Chuck Taylor All Star sebagai salah satu sepatu paling ikonik sepanjang masa.


Menguasai Lapangan Basket

Pada era 1950-an hingga 1970-an, Converse Chuck Taylor All Star adalah sepatu pilihan bagi pemain basket profesional di Amerika Serikat. Hampir semua tim NBA mengenakan Converse, membuatnya menjadi simbol dari olahraga basket. Tidak hanya di kalangan atlet, sepatu ini juga mulai populer di kalangan anak muda sebagai bagian dari gaya hidup kasual dan rebel.


Menjadi Tren di Kalangan Anak Muda

Pada tahun 1980-an dan 1990-an, Converse Chuck Taylor All Star melampaui dunia olahraga dan merambah ke dunia musik dan budaya pop. Sepatu ini dikenakan oleh musisi rock, punk, dan grunge, seperti Kurt Cobain dari Nirvana, yang memperkuat statusnya sebagai simbol pemberontakan dan kreativitas. Dalam waktu singkat, sepatu ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin tampil beda dan menunjukkan identitas unik mereka.


Eksistensi Hingga Kini

Hingga hari ini, Converse Chuck Taylor All Star tetap menjadi salah satu sepatu paling populer dan dicintai di seluruh dunia. Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi, seperti edisi khusus dengan desainer ternama dan artis, Converse terus beradaptasi dengan tren modern tanpa mengorbankan warisan dan identitasnya. Mereka juga memperkenalkan model-model baru yang tetap mengusung semangat originalitas dan gaya klasik.


Kenapa Converse Bisa Menjadi Trending?

  1. Desain yang Ikonik: Desain sederhana namun ikonik dari Converse Chuck Taylor All Star membuatnya mudah dikenali dan diterima oleh berbagai kalangan.

  2. Kenyamanan dan Kualitas: Bahan kanvas yang digunakan memberikan kenyamanan dan daya tahan, membuat sepatu ini cocok untuk berbagai aktivitas.

  3. Simbol Budaya Pop: Dikenakan oleh banyak ikon budaya pop dan musisi, Converse menjadi simbol dari ekspresi diri dan gaya hidup bebas.

  4. Adaptasi dan Inovasi: Meskipun mempertahankan desain klasiknya, Converse terus berinovasi dengan kolaborasi dan model baru yang menarik bagi generasi muda.


Kesimpulan

Converse Chuck Taylor All Star bukan hanya sebuah sepatu, tetapi juga bagian dari sejarah dan budaya pop dunia. Sebagai brand sepatu pertama yang menjadi trending secara global, Converse telah menunjukkan bahwa dengan desain yang ikonik, kualitas yang tak tertandingi, dan kemampuan beradaptasi dengan tren, sebuah brand bisa tetap relevan dan dicintai selama bertahun-tahun.


Bagi Anda yang ingin menambahkan koleksi sepatu dengan nilai sejarah dan gaya yang tak lekang oleh waktu, Converse adalah pilihan yang tepat. Mari bergabung dengan jutaan penggemar Converse di seluruh dunia dan tunjukkan gaya unik Anda dengan sepatu ikonik ini.

Comments


bottom of page