top of page
Cari

Jejak Waktu: Eksplorasi Sejarah Panjang Brand Sepatu Adidas dan Puma

Diperbarui: 28 Jun

Brand sepatu Adidas dan Puma memiliki sejarah yang panjang dan penuh inovasi di dunia fashion dan olahraga. Mari kita mengupas sejarah keduanya, dari awal mula hingga menjadi ikon global yang dikenal oleh jutaan orang.


Adidas: Dari Dua Bersaudara ke 3 Garis

sepatu adidas putih
Photo by Christian Wiediger from Unsplash

Adidas, didirikan oleh Adi Dassler pada tahun 1949 di Herzogenaurach, Jerman, adalah hasil dari visi seorang pengusaha yang ingin menyediakan sepatu olahraga berkualitas tinggi. Pada Olimpiade Musim Panas 1936, Adi Dassler bahkan berhasil meyakinkan Jesse Owens untuk memakai sepatu buatannya, yang kemudian membawa Owens meraih empat medali emas.


Logo tiga garis sejajar, yang menjadi ikonik bagi Adidas, pertama kali digunakan pada tahun 1967. Tiga garis tersebut melambangkan keanggunan, daya tahan, dan perjuangan, mencerminkan semangat olahraga dan prestasi.


Dengan fokus pada inovasi dan kualitas, Adidas tumbuh menjadi salah satu merek olahraga terkemuka di dunia. Kolaborasi dengan atlet terkenal dan perusahaan fashion membuat Adidas menjadi pilihan tak terbantahkan di dunia streetwear dan sportswear.


Puma: Lompatan Kreatif dari Bersaudara Dassler

Sepatu puma hitam
Photo by Nik from Unsplash

Puma memiliki akar yang sama dengan Adidas, berasal dari kisah keluarga Dassler. Rudolf Dassler, saudara laki-laki Adi Dassler, mendirikan Puma pada tahun 1948, juga di Herzogenaurach, Jerman. Puma segera mencuri perhatian dengan desain sepatu sepak bola yang inovatif dan nyaman.


Logo Puma, yang menggambarkan seekor puma melompat, mewakili kecepatan, kekuatan, dan keanggunan. Seiring waktu, Puma telah membuktikan bahwa mereka bukan hanya pemain di lapangan olahraga, tetapi juga di dunia fashion global.

Ketegangan persaingan antara Adidas dan Puma, yang disebut sebagai "Perang Saudara," menjadi legenda di dunia bisnis dan olahraga. Meskipun bersaing ketat, keduanya tetap menjadi pemimpin industri dan memainkan peran penting dalam menggambarkan gaya hidup aktif dan dinamis.


Hingga hari ini, Adidas dan Puma tetap menjadi kekuatan dominan dalam dunia sepatu dan fashion. Sejarah panjang keduanya tidak hanya mencerminkan inovasi teknis, tetapi juga menceritakan perjalanan merek yang merayakan semangat olahraga dan kebebasan kreatif.


Apapun pilihan sepatumu, SiBersih tetap menjadi salah satu jasa cuci sepatu yang wajib kamu kunjungi. Kami selalu siap dengan semua kondisi sepatu kamu, jadi tunggu apalagi yuk datang ke SiBersih sekarang!

תגובות


bottom of page