top of page
Cari

Mengenang Jejak yang Terlupakan: Brand Sepatu Legendaris yang Kini Hilang Ketenarannya

Diperbarui: 2 Jul

Industri sepatu, seperti industri lainnya, memiliki kisah perjalanan yang tak terduga. Beberapa merek sepatu, meskipun pernah mengukir sejarah dengan popularitasnya, kini harus merelakan eksistensinya. Dalam artikel ini, SiBersih akan mengenang beberapa brand sepatu legendaris yang, sayangnya, harus menghadapi kebangkrutan.


1. Buster Brown: Jejak Masa Lalu yang Menghilang

sepatu kulit buster brown warna coklat dengan kotaknya

Merek sepatu anak-anak legendaris, Buster Brown, pernah mendominasi pasar pada awal abad ke-20. Namun, dengan perubahan tren dan persaingan yang semakin sengit, Buster Brown mengalami penurunan penjualan dan akhirnya menghadapi kebangkrutan pada pertengahan abad ke-20.


2. Etonic: Dari Puncak ke Keheningan

sepatu etonic warna putih hitam dengan kotaknya

Etonic, yang terkenal dengan inovasinya dalam sepatu olahraga, khususnya di dunia golf dan lari, menghadapi masa sulit pada akhir abad ke-20. Meskipun sepatu Etonic memiliki prestasi gemilang dalam sejarahnya, perubahan dalam preferensi konsumen dan persaingan yang ketat menyebabkan Etonic mengalami kebangkrutan pada awal tahun 2000-an.


3. British Knights (BK): Merek Streetwear yang Hilang

sepatu british knights putih biru

British Knights (BK), dulu dikenal sebagai salah satu merek streetwear paling keren, mengalami masa kejayaan di era 1980-an dan 1990-an. Namun, perubahan selera fashion dan masalah keuangan membuat BK tergelincir ke kebangkrutan pada akhir 1990-an.


4. LA Gear: Cahaya yang Padam

sepatu la gear hitam putih tahun 90an

LA Gear, dengan lampunya yang menjadi ikon, pernah menjadi pemain utama dalam pasar sepatu atletik. Meskipun berhasil dalam beberapa tahun pertama, perubahan strategi pemasaran dan ketidakmampuan beradaptasi dengan tren menyebabkan penjualan sepatu LA Gear terus merosot dan tidak mampu bersaing.


5. Pony: Dari Sorot Lampu Panggung ke Kegelapan

sepatu pony putih biru tahun 90an

Pony, merek sepatu yang dikenal dengan desain simpel dan logo kuda poni-nya, menghiasi panggung fashion di tahun 1980-an. Sayangnya, dengan pergantian abad, kepopuleran Pony menurun, dan merek ini harus menghadapi kebangkrutan pada tahun 2001.


Mengenang jejak brand sepatu yang bangkrut memberikan kita pandangan tentang dinamika yang ada dalam dunia fashion. Meskipun mereka pernah berjaya dan dicintai oleh banyak orang, perubahan dalam selera dan pasar dapat mengubah nasib sebuah merek. Meskipun mereka mungkin telah menghadapi kebangkrutan, kenangan tentang sepatu-sepatu ikonik dari brand-brand ini tetap hidup dalam dunia sepatu yang terus berubah. Kita dapat melihatnya sebagai bagian dari evolusi industri sepatu yang terus berputar. 👟🔍📜

Comments


bottom of page