top of page
Cari

Nike Mulai Menurun, Apakah Bisa Menjadi Kesempatan Bagi Brand Lokal untuk Meningkat?

Diperbarui: 8 Jul

Baru-baru ini, Nike telah mengalami penurunan dalam pertumbuhan penjualan dan popularitasnya. Bahkan baru-baru ini Nike sempat melakukan layoff hingga 2% dari total karyawannya di Oregon, Amerika Serikat. Meskipun masih menjadi salah satu merek olahraga terbesar di dunia, penurunan ini menimbulkan pertanyaan apakah ini bisa menjadi peluang bagi brand lokal untuk meningkatkan posisinya di pasar. Mari kita telaah bersama SiBersih secara lebih lanjut.

A man wearing a protective face mask walks past a Nike brand store in Kyiv, Ukraine, on Dec. 10, 2020.

Potensi Peningkatan Pasar bagi Brand Lokal

  1. Peningkatan Kesadaran Lokal: Penurunan popularitas merek internasional seperti Nike bisa membuka peluang bagi brand lokal untuk meningkatkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk lokal.

  2. Dukungan untuk Industri Lokal: Konsumen mungkin lebih cenderung untuk mendukung merek lokal dalam upaya untuk memperkuat ekonomi domestik dan industri sepatu lokal.

  3. Inovasi dan Diversifikasi: Brand lokal dapat menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan inovasi dan diversifikasi produk mereka, menawarkan opsi yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen lokal.

  4. Harga yang Bersaing: Dengan biaya produksi yang mungkin lebih rendah, brand lokal dapat menawarkan produk dengan harga yang lebih bersaing daripada merek internasional, menarik konsumen yang lebih sensitif terhadap harga.

Tantangan yang Perlu Diatasi

  1. Brand Recognition: Salah satu tantangan terbesar bagi brand lokal adalah membangun kesadaran merek yang kuat di tengah dominasi merek internasional seperti Nike.

  2. Kualitas dan Konsistensi: Brand lokal perlu memastikan bahwa produk-produk mereka menawarkan kualitas yang setara atau bahkan melebihi merek internasional untuk memenangkan kepercayaan konsumen.

  3. Distribusi dan Jaringan Pemasaran: Brand lokal mungkin perlu mengembangkan distribusi dan jaringan pemasaran yang kuat untuk mencapai konsumen secara luas dan efektif.

  4. Tren dan Mode: Brand lokal harus tetap up-to-date dengan tren mode dan kebutuhan konsumen untuk tetap relevan di pasar yang kompetitif.


Kesimpulan

Meskipun penurunan Nike bisa menjadi peluang bagi brand lokal untuk meningkatkan pangsa pasar mereka, tantangan yang dihadapi tidak boleh dianggap enteng. Dengan strategi yang tepat, fokus pada kualitas, inovasi, dan kesadaran merek, brand lokal dapat memanfaatkan situasi ini untuk tumbuh dan bersaing di pasar global yang semakin kompetitif.

Comments


bottom of page