top of page
Cari

Sebenarnya Berapa Lama Usia Ideal Pemakaian Sepatu? Berikut Penjelasannya

Diperbarui: 5 Jul

Sepatu adalah bagian penting dari pakaian sehari-hari kita, dan sering kali kita tidak terlalu memikirkan berapa lama sepatu bisa atau seharusnya kita gunakan. Namun, seperti halnya barang-barang lainnya, sepatu juga memiliki masa pakainya. Berapa lama sepatu seharusnya kita gunakan sebelum perlu diganti? Berikut penjelasan mengenai usia ideal pemakaian sepatu berdasarkan hasil riset dan pengalaman SiBersih Shoes Care.

seseorang menggunakan sepatu coklat yang sudah usang

1. Jenis dan Frekuensi Pemakaian:

Jenis sepatu dan seberapa sering kamu menggunakannya akan mempengaruhi usia pakai sepatu. Sepatu olahraga atau sepatu yang sering digunakan untuk aktivitas fisik mungkin akan mengalami keausan lebih cepat dibandingkan sepatu formal yang hanya digunakan secara sporadis.


2. Kualitas Material:

Kualitas material adalah faktor kunci yang menentukan usia pakai sepatu. Sepatu dengan bahan berkualitas tinggi cenderung lebih tahan lama daripada sepatu dengan material yang lebih murah. Kulit asli, kanvas berkualitas tinggi, dan sol karet yang tahan lama dapat meningkatkan umur pakai sepatu.


3. Perawatan yang Baik:

Cara kamu merawat sepatu juga memainkan peran penting dalam menentukan usia pakainya. Membersihkan sepatu secara teratur, menjaga kelembaban, dan menyimpannya dengan benar dapat memperpanjang umur pakai sepatu.


4. Kondisi Fisik Sepatu:

Perhatikan kondisi fisik sepatu, termasuk sol, bagian atas, dan jahitan. Jika sol mulai menipis, bagian atas robek, atau jahitan mulai kendur, itu mungkin pertanda bahwa sepatu perlu diganti.


5. Kenyamanan yang Berkurang:

Jika kamu mulai merasa tidak nyaman saat mengenakan sepatu yang sebelumnya nyaman, bisa jadi itu tanda bahwa struktur dan dukungan sepatu sudah mulai menurun. Pertimbangkan untuk mengganti sepatu jika kenyamanannya berkurang.


6. Umur Waktu Penyimpanan:

Jika sepatu tidak digunakan untuk waktu yang lama, bahkan jika disimpan dengan baik, beberapa material seperti karet pada sol atau bahan-bahan perekat mungkin mengalami perubahan sifat dan mengurangi keefektifannya.


7. Aktivitas Pemakaian:

Kita pasti sering menggunakan sepatu untuk aktivitas sehari-hari, namun terkadang pemakaian sepatu tidak didasari pada aktivitas yang ingin kita lakukan. Sebagai contoh saat kamu ingin berolahraga badminton namun menggunakan sepatu running, hal ini bisa membuat sepatu running kamu lebih cepat mengalami kerusakan jika dilakukan berulang. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan setiap sepatu memiliki kegunaan khususnya masing-masing dan memiliki teknologi yang dirancang khusus untuk kegunaan sepatu tersebut.


Kesimpulan:

Tidak ada batasan waktu yang pasti untuk penggantian sepatu karena banyak faktor yang memengaruhi usia pakai. Namun, dengan memperhatikan jenis sepatu, kualitas material, perawatan yang baik, dan tanda-tanda fisik keausan, kamu dapat membuat keputusan yang tepat kapan sepatu sebaiknya diganti. Sejalan dengan tren kesadaran lingkungan, pertimbangkan juga untuk mendaur ulang sepatu yang sudah tidak layak pakai agar dapat memberikan dampak yang lebih kecil pada lingkungan.

Comments


bottom of page