top of page
Cari

5 Jenis Teknologi yang Banyak Dipakai Sepatu Olahraga, Apa Saja Sih Keunggulannya?

Diperbarui: 5 Jul

Sepatu olahraga tidak lagi hanya sebatas penunjang gaya, melainkan juga menyematkan teknologi canggih untuk meningkatkan performa dan kenyamanan bagi para pemakainya. Berikut adalah lima jenis teknologi yang banyak dipakai dalam sepatu olahraga dan keunggulannya masing-masing berdasarkan hasil riset dari tim SiBersih:


1. Teknologi Amortisasi (Cushioning)

seseorang sedang memasang tali sepat

Teknologi amortisasi dirancang untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan ekstra pada setiap langkah. Dengan bantalan yang ditempatkan secara strategis di bagian sol, teknologi ini membantu meredam tekanan dan shock yang dihasilkan oleh aktivitas fisik, seperti berlari atau melompat.


2. Teknologi Flyknit atau Primeknit

Material kain yang dibuat dengan teknologi Flyknit (Nike) atau Primeknit (Adidas) memberikan sepatu olahraga keunggulan ringan, fleksibel, dan pas seperti kaos kaki. Teknologi ini memungkinkan sepatu beradaptasi dengan bentuk kaki secara alami, memberikan dukungan tanpa merasa terlalu ketat.


3. Teknologi Boost

Diperkenalkan oleh Adidas, teknologi Boost menggunakan busa TPU yang dikembangkan secara khusus untuk memberikan energi responsif dan kenyamanan maksimal. Ini membantu dalam memberikan "perasaan melayang" dan meningkatkan efisiensi langkah, terutama pada sepatu lari dan olahraga menengah hingga berat.


4. Teknologi Gore-Tex (Anti-Air dan Anti-Angin)

seseorang menggunakan sepatu hitam gore tex di tanah berlumpur

Pada sepatu olahraga untuk kegiatan luar ruangan, teknologi Gore-Tex sering digunakan untuk menjaga kaki tetap kering. Material ini tahan air dan tahan angin, tetapi tetap memungkinkan sirkulasi udara, sehingga cocok untuk berbagai kondisi cuaca.


5. Teknologi Traction atau Grip

outsole sepatu nike abu

Teknologi ini diterapkan pada bagian sol sepatu untuk meningkatkan daya cengkeram, terutama pada permukaan yang licin atau berbatu. Bagi atlet atau pecinta aktivitas luar ruangan, teknologi traction membantu mencegah selip dan memberikan kontrol yang lebih baik.


Kesimpulan

Sepatu olahraga modern tidak lagi hanya tentang desain dan merek, tetapi juga mencakup teknologi tinggi yang bertujuan meningkatkan performa, kenyamanan, dan perlindungan. Masing-masing teknologi memiliki keunggulannya sendiri, memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pemakainya dalam berbagai aktivitas olahraga. Dengan terus berkembangnya inovasi di dunia sepatu olahraga, kita dapat mengharapkan penambahan teknologi baru yang lebih canggih untuk meningkatkan lagi pengalaman menggunakan sepatu olahraga di masa depan.

Comments


bottom of page