top of page
Cari
Gambar penulisSiBersih Shoes & Care

7 Langkah Mencuci Sepatu ala SiBersih Shoes Care yang Efektif dan Efisien

Diperbarui: 5 Jul

Mencuci sepatu dengan benar tidak hanya membuatnya bersih, tetapi juga dapat meningkatkan umur pakainya. Dengan mengikuti langkah-langkah ala SiBersih Shoes Care, kamu dapat menjaga kebersihan dan keawetan sepatu dengan cara yang efektif dan efisien. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mencuci sepatu dengan efektif dan efisien.

seorng pria sedang membersihkan sepatu kulit berwarna coklat

1. Identifikasi Sepatu

SiBersih selalu melakukan identifikasi sepatu di awal sebelum melakukan pencucian. Beberapa hal yang diperhatikan saat ingin mencuci sepatu adalah material sepatu, tingkat kekotoran, dan kondisi sepatu. SiBersih selalu memastikan material sepatu tersebut agar dapat melakukan pencucian secara khusus dan tidak merusak material.


2. Tentukan Bahan dan Peralatan

Setelah dilakukan identifikasi, tim SiBersih akan menyiapkan bahan dan peralatan yang cocok untuk membersihkan sepatu tersebut. Beberapa peralatan khusus seperti sikat suede, sikat bulu kuda, dan lap microfiber merupakan beberapa peralatan khusus yang tidak boleh dilewatkan. Bahan yang digunakan pun akan berbeda untuk setiap material sepatu agar tidak terlalu keras ataupun terlalu lembut.


3. Buka Tali Sepatu dan Rendam di Campuran Bahan

Setelah siap, kamu perlu membuka tali sepatu terlebih dahulu dan merendamnya di campuran air dan sabun khusus sepatu agar noda bisa terangkat. Noda pada tali sepatu biasanya lebih sulit hilang dan dibutuhkan perendaman terlebih dahulu.


4. Bersihkan Bagian Outsole dan Midsole

Sebelum mencuci seluruh bagian sepatu, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian outsole dan midsole dengan sikat yang lebih kasar seperti sikat nilon atau sikat kawat untuk melakukan detailing pada outsole sepatu. Bagian ini lebih mudah karena sebagian besar material outsole dan midsole terbuat dari bahan rubber/karet yang tidak mudah rusak.


5. Tentukan Metode Pencucian Bagian Upper

Saat ini bentuk sepatu sangat beragam sehingga kamu perlu memperhatikan bentuk dan material upper sepatu sebelum mencucinya. Beberapa metode yang cukup sering digunakan adalah metode semi-dry cleaning untuk material seperti canvas, mesh, nylon, dan polyester. Untuk material leather perlu dilakukan pencucian dengan metode dry clean tanpa menggunakan air sama sekali.


6. Keringkan Sepatu

Setelah selesai, kamu perlu mengeringkan sepatu dengan alat pengering khusus sepatu ataupun secara alami. Jika kamu ingin mengeringkan secara alami, kamu harus berhati-hati terhadap serangan jamur saat sepatu masih lembap. Untuk menghindarinya kamu bisa mengeringkan sepatu di tempat yang kering dan bersih.


7. Finishing

Tahapan terakhir sebelum kamu menggunakan kembali sepatumu, pastikan tali sepatu terpasang dan cek seluruh bagian sepatu apakah masih ada kotoran yang tertinggal atau tidak. Kamu bisa menggunakan parfum sepatu untuk sentuhan terakhir agar sepatu beraroma menyegarkan.

Langkah di atas merupakan gambaran besar bagaimana tim SiBersih membersihkan sepatu kamu. Jika kamu ingin mencobanya kamu bisa langsung mempraktikkannya di rumah, namun pastikan kamu paham material sepatu dan gunakan sabun khusus sepatu agar tidak merusak sepatu. Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan SiBersih jika merasa bingung, atau menyerahkan sepatu kamu secara langsung kepada tim kami. Jadi tunggu apalagi yuk datang ke store SiBersih sekarang!

Comments


Tertarik Cuci Sepatu di SiBersih?

Dan dapatkan layanan cuci sepatu berkualitas dengan garansi kebersihan sepatu!

bottom of page