top of page
Cari

Apakah Bijak Membeli Sepatu Sebagai Aset Investasi?

Diperbarui: 5 Jul

Menginvestasikan uang dalam sepatu mungkin terdengar tidak biasa, tetapi tren koleksi sepatu sebagai aset investasi semakin berkembang. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memulai koleksi sepatu sebagai bentuk investasi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut SiBersih jabarkan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sepatu sebagai aset investasi:

sepatu branded sebagai aset investasi

1. Peningkatan Nilai Seiring Waktu

Beberapa sepatu khusus atau edisi terbatas dari merek terkenal dapat mengalami peningkatan nilai seiring berjalannya waktu. Hal ini terutama berlaku untuk sepatu yang dirilis dalam jumlah terbatas atau memiliki kolaborasi dengan tokoh ternama.


2. Perhatikan Kondisi dan Keaslian

Keberhasilan investasi sepatu sangat tergantung pada kondisi dan keaslian barang. Pastikan untuk menyimpan sepatu dengan baik dan merawatnya dengan hati-hati agar nilai investasi tidak tergerus oleh kerusakan atau keausan.


3. Lihat Trend dan Koleksi yang Dicari

Mengetahui tren dan model-model yang banyak dicari di pasaran dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas dalam memilih sepatu untuk diinvestasikan. Pahami preferensi pasar dan pertimbangkan popularitas merek tertentu.


4. Risiko Pasar dan Kecenderungan Mode

Seperti investasi pada umumnya, koleksi sepatu juga melibatkan risiko. Kecenderungan mode dapat berubah, dan popularitas sepatu tertentu bisa merosot. Sebelum berinvestasi, pertimbangkan risiko ini dengan matang.


5. Ketersediaan Pasar Sekunder

Pastikan bahwa ada pasar sekunder yang aktif untuk menjual kembali sepatu jika Anda memutuskan untuk melepasnya. Ketersediaan pasar ini memainkan peran penting dalam menentukan likuiditas investasi Anda.


6. Kenali Kebutuhan Keuangan Pribadi

Sebelum mulai mengumpulkan sepatu sebagai investasi, kenali kebutuhan keuangan pribadi Anda. Pastikan bahwa dana yang diinvestasikan tidak mengganggu kestabilan keuangan Anda secara keseluruhan.


Kesimpulan

Membeli sepatu sebagai aset investasi bisa menjadi keputusan yang menarik, tetapi perlu diingat bahwa seperti semua investasi, pasti terdapat risiko di dalamnya. Dengan penelitian yang cermat, pemahaman tentang pasar, dan pemeliharaan yang baik terhadap koleksi, memilih sepatu sebagai investasi bisa menjadi pilihan bijak. Namun, tetaplah realistis dan pertimbangkan investasi ini sebagai bagian kecil dari portofolio keuangan Anda. Dan jangan lupa tentang fundamental investasi agar kamu tidak merasa rugi saat memutuskan membeli sepatu sebagai aset investasi.

Comments


bottom of page