top of page
Cari

Apakah Boleh Mencuci Sepatu Menggunakan Deterjen? Berikut Penjelasannya!

Diperbarui: 8 Jul

Mencuci sepatu merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan penampilan alas kaki Anda. Namun, tidak sedikit yang bertanya-tanya, apakah boleh mencuci sepatu menggunakan deterjen? Mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini.


Mengapa Mencuci Sepatu Penting?

Kebersihan sepatu sangat penting, terutama jika sepatu sering digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Debu, kotoran, dan bau tak sedap bisa menumpuk jika sepatu tidak dicuci secara rutin. Mencuci sepatu dengan benar dapat memperpanjang umur sepatu dan menjaga penampilan sepatu tetap segar.


Bolehkan Mencuci Sepatu dengan Deterjen?

mencuci sepatu menggunakan deterjen

Secara umum, mencuci sepatu dengan deterjen boleh saja, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Jenis Sepatu: Tidak semua sepatu cocok dicuci dengan deterjen. Sepatu berbahan kulit atau suede, misalnya, sebaiknya tidak dicuci dengan deterjen karena dapat merusak bahan dan warna sepatu.

  2. Jenis Deterjen: Pilih deterjen yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras, kamu bisa memilih deterjen cair untuk mencuci sepatu. Deterjen bubuk biasanya terlalu kuat dan dapat merusak serat bahan sepatu dan menyebabkan perubahan warna.

  3. Cara Mencuci: Disarankan mencuci sepatu secara manual dan jangan menggunakan mesin cuci. Hal ini perlu diperhatikan karena kekuatan mesin cuci terkadang dapat membuat bahan sepatu cepat rusak.


Langkah-Langkah Mencuci Sepatu dengan Deterjen

Berikut adalah langkah-langkah mencuci sepatu dengan deterjen secara manual:

  1. Keluarkan Tali dan Insole: Lepaskan tali dan insole sepatu untuk dicuci secara terpisah.

  2. Bersihkan Kotoran: Gunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada sepatu.

  3. Sikat Sepatu: Gunakan sikat lembut untuk membersihkan seluruh bagian sepatu, termasuk sol dan bagian dalam. Sikat dengan lembut agar tidak merusak bahan sepatu.

  4. Bilas Sepatu: Bilas sepatu dengan cara yang lembut, kamu cukup menggunakan lap microfiber saat ingin membilas sepatu. Pastikan pembilasan dilakukan hingga tidak ada sisa deterjen yang tertinggal.

  5. Keringkan Sepatu: Keringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan. Jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak bahan dan warna sepatu.


Kesimpulan

Mencuci sepatu dengan deterjen boleh saja dilakukan, asalkan dengan cara yang benar dan menggunakan deterjen yang lembut seperti deterjen cair. Perhatikan jenis bahan sepatu Anda dan hindari menggunakan deterjen keras yang bisa merusak sepatu. Dengan mencuci sepatu secara rutin, Anda bisa menjaga kebersihan dan penampilan sepatu tetap prima.

Semoga artikel SiBersih ini bisa membantu Anda dalam merawat sepatu kesayangan. Selamat mencuci!

Comments


bottom of page