top of page
Cari

Apakah Boleh Menggunakan Metode Perendaman untuk Mencuci Sepatu?

Diperbarui: 8 Jul

Saat kita ingin mencuci sepatu banyak dari kita yang masih belum tau bagaimana cara mencuci sepatu dengan baik dan tidak merusak sepatu. Nah salah satu metode yang cukup sering menjadi top of mind kita adalah menggunakan metode perendaman. Namun tentu kita sering bertanya-tanya apakah boleh mencuci sepatu dengan metode perendaman? Apakah bisa membuat sepatu rusak? Agar kamu tidak bingung, yuk simak penjelasan dari SiBersih langsung yang merupakan spesialis cuci sepatu di Jakarta Selatan!

apakah boleh merendam sepatu untuk dicuci?

Tentukan Tujuan Perendaman

Jika kamu ingin merendam sepatu, kamu harus mengetahui dulu kenapa kamu harus melakukan metode perendaman. Karena metode ini sangat tidak disarankan karena dapat merusak bahan dan lem pada sepatu, serta dapat melunturkan cat yang ada pada sepatu. Jika alasanmu hanya karena tidak tahu cara mencuci sepatu, SiBersih sarankan kamu mengikuti panduan dari SiBersih: https://www.sibersih.id/post/bagaimana-cara-mencuci-sepatu-dengan-aman-dan-efektif


Kamu bisa melakukan metode ini apabila sepatu kamu memang sedang berada di tingkat kekotoran yang ekstrem seperti terkena kotoran hewan sampai ke dalam sepatu, berlumpur, atau sangat berbau tidak sedap. Namun kamu tetap perlu berhati-hati jika ingin menggunakan metode ini ya! Untuk itu SiBersih telah membuatkan 4 tips yang perlu kamu perhatikan sebagai panduan kamu saat ingin mencuci sepatu dengan direndam.


1. Pahami Terlebih Dahulu Bahan Sepatu

Sebelum kamu memulai proses perendaman sepatu, kamu harus memahami terlebih dahulu bahan dari sepatu tersebut. Dikarenakan sepatu dengan bahan tertentu sangat tidak direkomendasikan untuk direndam. Contohnya seperti bahan leather (kulit) sintetis maupun asli hal ini dikarenakan bahan kulit yang terkena air bisa mengkerut dan meningkatkan resiko crack pada bahannya. Selain itu sepatu dengan warna merah, hijau, dan biru merupakan warna yang paling mudah luntur jika terkena air secara langsung.


2. Perhatikan Kondisi Sepatu Sebelum Merendam

Kondisi sepatu menjadi salah satu faktor utama yang perlu kamu perhatikan sebelum merendam sepatumu. Sepatu yang sudah tua sangat tidak disarankan untuk direndam, hal ini dikarenakan dapat membuat bahan menjadi hancur ataupun lem pada sepatu mengelupas.


3. Perhatikan Air yang Digunakan

Jika kamu sangat ingin merendam sepatumu, SiBersih sarankan untuk gunakan air murni yang bisa kamu dapatkan dari pembuangan AC. Hal ini dikarenakan kualitas air keran di Indonesia cukup buruk terutama di Jakarta sehingga dapat membuat sepatu menjadi menguning karena adanya sisa noda tidak terlihat yang ada pada air.


4. Sabun yang Digunakan untuk Merendam Sepatu

Selain bahan dan kondisi sepatu, kamu juga perlu memerhatikan sabun yang kamu gunakan jika ingin merendam sepatu. Jika memang kamu bersikeras ingin merendam sepatumu, SiBersih menyarankan kamu menggunakan sabun khusus sepatu sehingga bahan kimia yang ada pada sabun tidak merusak sepatu. Jangan gunakan sabun colek atau deterjen saat ingin merendam sepatu.


Kesimpulan

Pada intinya, kamu perlu tau terlebih dahulu karakteristik dari sepatu kamu dan juga efek yang akan ditimbulkan apabila kamu menggunakan metode perendaman sepatu. Jangan sampai hanya karena kamu ingin membersih sepatu dengan cepat kamu mengorbankan sepatu kamu menjadi rusak. Jika memang kamu tidak ingin repot, kamu bisa kok membawa sepatu kesayanganmu ke SiBersih Shoes Care untuk dicucikan. Yuk datang ke SiBersih Shoes Care!

Comments


bottom of page