top of page
Cari

Bagaimana Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dengan Sintetis? Berikut Penjelasannya

Diperbarui: 5 Jul

Membeli sepatu kulit bisa menjadi investasi yang baik, tetapi penting untuk dapat membedakan antara sepatu kulit asli dan sepatu sintetis. Berikut adalah beberapa tips dan penjelasan yang dapat membantu kamu membedakan keduanya berdasarkan pengalaman dari tim SiBersih Shoes Care.


1. Aroma Karakteristik:

Kulit Asli: Sepatu kulit asli memiliki aroma yang khas dan alami dari bahan kulit itu sendiri. Bau ini sering dianggap sebagai salah satu tanda utama kulit asli.

Sintetis: Sepatu sintetis mungkin tidak memiliki aroma khas kulit asli. Mereka dapat berbau seperti plastik atau bahan kimia, terutama jika mereka baru.


2. Tekstur Permukaan:

Kulit Asli: Permukaan kulit asli cenderung memiliki tekstur yang lebih halus dan serat-serat halus yang terlihat. Pori-pori kulit asli juga terlihat lebih alami.

Sintetis: Sepatu sintetis sering memiliki permukaan yang terasa lebih halus dan seragam. Tekstur yang terlalu sempurna dan tanpa pori-pori yang jelas dapat menjadi tanda sintetis.


3. Flexibility dan Kelembutan:

Kulit Asli: Kulit asli cenderung menjadi lebih lentur dan lembut seiring waktu. Sepatu kulit yang asli akan memberikan perasaan yang lebih nyaman seiring pemakaian.

Sintetis: Sepatu sintetis mungkin terasa kaku dan kurang fleksibel. Mereka cenderung mempertahankan bentuk aslinya tanpa memberikan penyesuaian yang alami.


4. Pewarnaan dan Noda:

Kulit Asli: Noda atau pewarnaan pada kulit asli akan menyerap dengan cara yang lebih alami, memberikan tampilan yang lebih organik dan berubah seiring waktu.

Sintetis: Noda pada sepatu sintetis mungkin cenderung duduk di permukaan dan tidak menyerap sepenuhnya, memberikan tampilan yang lebih "dipoles" dan kurang alami.


5. Harga dan Merek:

Kulit Asli: Sepatu kulit asli umumnya memiliki harga yang lebih tinggi karena bahan kulit yang digunakan lebih mahal. Merek-merek tertentu yang dikenal dengan kualitasnya juga cenderung menggunakan kulit asli.

Sintetis: Sepatu sintetis dapat memiliki harga yang lebih terjangkau, dan mereka mungkin berasal dari merek-merek yang lebih fokus pada produksi massal.


6. Periksa Label atau Informasi Produsen:

Cara paling pasti adalah dengan membaca label atau informasi produsen. Merek yang berkualitas tinggi biasanya menyertakan informasi tentang bahan dan cara perawatan. Pastikan untuk membaca dengan cermat sebelum membeli.


Kesimpulan:

Membedakan sepatu kulit asli dengan sepatu sintetis memerlukan perhatian terhadap detail dan pengalaman. Dengan memahami karakteristik kulit asli dan sintetis, kamu dapat membuat keputusan yang lebih cerdas saat memilih sepatu. Ingatlah bahwa pemeliharaan yang baik juga dapat memperpanjang umur sepatu kulit asli.

Comments


bottom of page