top of page
Cari

Bagaimana Cara Merawat Sendal? Apakah Sama dengan Sepatu? Berikut Penjelasannya!

Diperbarui: 5 Jul

Seringkali, sendal dianggap sebagai aksesori yang lebih santai dan kurang memerlukan perawatan dibandingkan sepatu. Namun, merawat sendal dengan baik tetap penting untuk memastikan keawetan, kenyamanan, dan penampilannya tetap terjaga. Apakah cara merawat sendal sama dengan sepatu? Mari kita bahas lebih lanjut bersama dengan tim SiBersih Shoes Care.

kaki wanita yang ada di atas bebatuan menggunakan sendal coklat putih

1. Membersihkan Sendal secara Berkala

Seperti halnya sepatu, membersihkan sendal secara berkala sangat penting. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan debu dan kotoran dari bagian atas dan bawah sendal. Jika sendal memiliki bahan khusus, seperti kulit atau kanvas, gunakan pembersih yang sesuai untuk menjaga kualitas materialnya.


2. Menjaga Kelembapan Material

Beberapa jenis sendal, seperti sandal kulit, memerlukan perhatian ekstra terhadap kelembapannya. Hindari menyimpan sendal di tempat yang lembap dan pastikan untuk membersihkan setiap noda atau kotoran yang dapat merusak kulit. Gunakan pelembap khusus untuk kulit jika diperlukan.


3. Pemeliharaan Sol Sendal

Sol sendal dapat mengalami aus akibat pemakaian rutin. Periksa sol secara berkala dan pastikan tidak ada bagian yang aus atau rusak. Jika terdapat lubang atau kerusakan pada sol, pertimbangkan untuk melakukan perbaikan atau penggantian.


4. Penyimpanan yang Tepat

Cara penyimpanan sendal tidak jauh berbeda dengan sepatu. Simpan sendal di tempat yang kering dan hindari penyimpanan yang terlalu panas atau lembap. Jika memungkinkan, gunakan penyimpanan atau rak khusus untuk sendal agar bentuknya tetap terjaga.


5. Perawatan Terhadap Tali dan Aksesori

Jika sendal memiliki tali atau aksesori tambahan, perhatikan juga perawatannya. Pastikan tali tetap kokoh dan tidak terputus, dan bersihkan aksesori dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan atau perubahan warna.


6. Perhatian Terhadap Bau Tak Sedap

Sendal yang sering digunakan, terutama di musim panas, dapat mengalami masalah bau tak sedap. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk mencuci dan mengeringkan sendal secara menyeluruh. Jika bau tetap persisten, pertimbangkan menggunakan semprotan anti-bakteri atau rempah-rempah alami untuk menghilangkan bau tidak sedap.


Dengan merawat sendal secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa mereka tetap nyaman, tahan lama, dan tetap terlihat bagus. Meskipun perawatan sendal mungkin tidak seintensif seperti sepatu, tetapi langkah-langkah sederhana ini dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam menjaga keindahan dan kualitas sendal Anda.

Comments


bottom of page