top of page
Cari
Gambar penulisSiBersih Shoes & Care

Mengapa Sering Muncul Noda Kuning Pada Sneakers Saat Mencuci Sendiri?

Diperbarui: 28 Jun

Sneakers adalah pilihan alas kaki yang populer, tetapi mereka juga cenderung mudah kotor. Ketika sneakers Anda mengalami noda kuning setelah mencucinya sendiri, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini terjadi.


Sneakers putih kotor
Photo by Allan Mas

Artikel ini akan menjelaskan beberapa alasan umum mengapa noda kuning sering muncul pada sneakers saat mencuci sendiri dan memberikan tips tentang bagaimana menghindarinya.


1. Penggunaan Chemical atau Sabun yang Tidak Tepat

Salah satu penyebab utama noda kuning pada sneakers adalah penggunaan chemical/sabun yang tidak tepat. Chemical/sabun yang mengandung pemutih atau bahan kimia keras dapat merusak warna sepatu dan menyebabkan perubahan warna menjadi kuning. Pilihlah chemical/sabun yang lembut, bebas dari pemutih, dan dirancang khusus untuk mencuci sepatu.

SiBersih menggunakan chemical/sabun khusus sepatu yang dapat menjaga sepatu kamu tetap terawat dan tidak mengubah warna sedikitpun


2. Air yang Mengandung Besi

Air yang mengandung tingkat tinggi besi dapat menyebabkan noda kuning pada sepatu saat mencucinya. Air dari PDAM di Jakarta dan sekitarnya memiliki kadar besi dan mineral yang cukup tinggi sehingga sepatu dapat berubah menjadi berwarna kuning. Kamu dapat menggunakan air yang memiliki kadar kemurnian tinggi seperti air suling yang bisa kamu dapatkan dari pembuangan AC.


3. Sinar Matahari Langsung

Mengeringkan sneakers di bawah sinar matahari langsung dapat memicu perubahan warna dan noda kuning. Sinar matahari dapat mempercepat reaksi kimia pada bahan sepatu, terutama jika sepatu Anda memiliki bagian yang terbuat dari bahan kulit atau karet. Sebaiknya keringkan sneakers di tempat yang teduh dan sejuk.


4. Bahan Sepatu yang Rentan

Beberapa jenis bahan sepatu lebih rentan terhadap noda kuning daripada yang lain. Misalnya, sepatu berbahan putih atau krem seringkali lebih mudah mengalami perubahan warna. Sebelum mencuci, periksa petunjuk perawatan dari produsen sepatu untuk memastikan Anda mengikuti langkah yang benar.


Jika kamu khawatir terhadap perubahan warna tersebut, kami SiBersih berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik agar sepatu dan sneakers kamu tetap terawat dan terjaga dengan baik. Jadi kamu tidak perlu repot menghabiskan waktu dan tenaga serta kekhawatiran terhadap kerusakan pada sepatu dan sneakers, kamu hanya perlu membawanya ke store kami yang berlokasi di Jl. Blumbang 6-8, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan atau kamu bisa cek terlebih dahulu detail tentang kami melalui link berikut ya https://www.sibersih.id/

Comments


Tertarik Cuci Sepatu di SiBersih?

Dan dapatkan layanan cuci sepatu berkualitas dengan garansi kebersihan sepatu!

bottom of page