top of page
Cari

Mitos atau Fakta: Apakah Benar Sepatu Suede Tidak Boleh Terkena Air?

Diperbarui: 3 Jul

Mengenakan sepatu suede seringkali memberikan tampilan yang elegan dan kasual sekaligus. Akan tetapi, beredar mitos bahwa sepatu suede tidak boleh terkena air karena dapat merusak dan mengubah tekstur bahan. Dalam artikel ini, SiBersih sebagai expert di dunia sepatu akan membahas dan mengeksplorasi apakah pernyataan ini lebih condong sebagai mitos atau fakta yang patut diperhatikan.


1. Mitos: Air Akan Merusak Sepatu Suede Secara Permanen

Mitos ini muncul karena sepatu suede terbuat dari kulit dengan serat yang lebih lembut dan tekstur yang halus. Beberapa orang percaya bahwa kontak dengan air dapat menyebabkan noda permanen, perubahan warna, dan bahkan kerusakan tekstur sepatu. Namun, seberapa benar klaim ini?


2. Fakta: Perlakuan yang Tepat Mengatasi Air

Meskipun suede lebih rentan terhadap air daripada sepatu berbahan kulit lainnya, bukan berarti sepatu ini harus dihindari saat hujan atau keadaan basah. Perlakuan yang tepat dapat membantu melindungi sepatu suede dari dampak air. Penggunaan semprotan penghalau air (water repellent) secara berkala dapat membentuk lapisan pelindung yang mengurangi kemungkinan penyerapan air.


3. Mitos: Noda Air Tidak Dapat Dihilangkan dari Sepatu Suede

Beberapa orang mungkin percaya bahwa noda air pada sepatu suede tidak dapat dihilangkan dengan mudah. Karena itu, menghindari air sepenuhnya dianggap sebagai cara terbaik untuk melindungi sepatu. Namun, ada metode pembersihan yang efektif untuk mengatasi noda air pada sepatu suede.


4. Fakta: Pembersihan dan Perawatan yang Teratur

Membersihkan sepatu suede dengan benar dapat membantu menghilangkan noda dan menjaga penampilannya. Sikat khusus suede dapat digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran ringan. Untuk noda air, gunakan spons lembut yang sudah dibasahi air hangat dan biarkan sepatu kering secara alami setelah dibersihkan.


5. Mitos: Suede Harus Diabaikan pada Cuaca Basah

Mitos lain yang perlu dibahas adalah bahwa sepatu suede sebaiknya dihindari sepenuhnya pada cuaca basah. Padahal, dengan perlakuan dan perawatan yang tepat, sepatu suede dapat tetap terjaga dan tetap tampil memukau, bahkan dalam cuaca yang kurang bersahabat.


6. Fakta: Pilihan Terbaik untuk Cuaca Basah

Selain menggunakan semprotan penghalau air, jika cuaca sangat buruk, sepatu suede sebaiknya dibiarkan di rumah dan memilih sepatu dengan bahan yang lebih tahan air. Namun, jika perlu mengenakan sepatu suede, pastikan untuk membersihkannya dengan benar setelah terkena air.


Kesimpulan: Mengatasi Mitos tentang Sepatu Suede dan Air

Suede memang memerlukan perhatian ekstra, terutama terkait dengan kelembutan dan ketahanannya terhadap air. Namun, dengan pemahaman yang baik tentang perawatan dan perlindungan yang tepat, sepatu suede dapat tetap tampil memukau dan bertahan lama, bahkan saat terkena air. Jangan biarkan mitos menghalangi Anda untuk menikmati penampilan elegan sepatu suede dalam berbagai kondisi cuaca.

Comments


bottom of page