top of page
Cari
Gambar penulisMarsel Estefan Lie

Sepatu Putih Menguning, Apa yang Harus Dilakukan untuk Membersihkannya?

Salah satu masalah yang cukup banyak dialami oleh pemilik sepatu putih adalah warna pada sepatu menguning dan menjadi terlihat kotor. Hal ini biasanya disebabkan karena noda yang sudah menumpuk pada sepatu sehingga warna sepatu berubah menjadi kekuningan. Lalu apa sih cara yang perlu kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Pada artikel ini SiBersih Shoes Care sebagai expert perawatan sepatu akan memberikan beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat sepatu putih kamu berubah menjadi kuning, yuk langsung saja disimak!


1. Cuci dengan Sabun Khusus Sepatu

Sabun Cleaner Natural Javas Premium Shoe & Apparel Care

Salah satu cara termudah dan penanganan pertama pada noda kuning sepatu adalah dengan mencucinya. Namun pastikan kamu menggunakan sabun khusus sepatu dalam proses pencuciannya ya. Hal ini dikarenakan sabun khusus sepatu sudah diformulasikan secara khusus untuk sepatu dan tidak meninggalkan residu apapun pada sepatu.


2. Gunakan Pemutih Khusus Sepatu

pemutih khusus sepatu berbahan canvas

Pemutih sepatu adalah salah satu bahan yang cukup banyak digunakan oleh laundry khusus sepatu dalam menghilangkan noda kuning. Nah namun kamu harus memastikan bahan sepatu cocok dengan pemutih tersebut. Biasanya pemutih hanya dapat digunakan untuk sepatu dengan bahan seperti kanvas atau kain. Dan kamu juga perlu mengikuti instruksi serta cara penggunaan dari pemutih sepatu yang kamu beli.


3. Metode Mumifikasi

metode mumifikasi untuk menghilangkan noda kuning sepatu

Metode ini bisa dibilang cukup rumit namun sangat efektif dalam menghilangkan noda kuning pada sepatu. Kamu cukup menyiapkan air, sabun khusus sepatu, dan tisu, setelah semuanya siap cuci sepatu secara basah dan bungkus sepatu dengan tisu secara keseluruhan. Diamkan sepatu sampai tisu pada sepatu mengering, kamu akan melihat noda kuning berpindah dari sepatu ke tisu tersebut, lakukan cara ini hingga semua noda kuning benar-benar terangkat.


4. Cuci Basah Sepatu

mencuci sepatu dengan metode perendaman

Menggunakan cara tradisional seperti mencuci sepatu langsung dengan air memang bisa cukup efektif dalam menghilangkan noda kuning pada sepatu. Namun ada efek samping yang perlu kamu pertimbangkan jika cara ini terus kamu gunakan yaitu bahan dan lem sepatu akan rusak dalam jangka waktu lama.


5. Repaint Sepatu

menghilangkan noda kuning sepatu dengan repaint

Selain dengan mencuci sepatu, kamu juga bisa menghilangkan noda kuning dengan cara melakukan cat ulang. Cara ini tentu lebih efektif dan bisa bertahan lama namun tentu sepatu kamu akan terlihat berbeda dari sebelumnya.


toko cuci sepatu sibersih yang berlokasi di tebet jakarta selatan

Cara terakhir yang wajib kamu pertimbangkan adalah langsung bawa sepatumu ke store SiBersih Shoes Care yang berlokasi di Kuningan dan Tebet. Dengan cara ini kamu tidak perlu pusing dan membuang waktu untuk menghilangkan noda kuning pada sepatu. Cukup hubungi tim SiBersih melalui link berikut: https://linktr.ee/sibersihshoescare dan minta untuk pickup sepatumu. Tim kami akan segera menjemput sepatu kamu. Jadi yuk langsung aja ke SiBersih Shoes Care sekarang!


Nah 6 cara di atas bisa kamu terapkan untuk sepatu kamu yang sudah menguning agar bisa kembali putih dan terlihat bersih. Biasanya cara-cara tersebut banyak digunakan oleh laundry khusus sepatu yang bisa kamu tiru di rumah. Sehingga kamu bisa membersihkan sepatu putih kamu lebih maksimal karena sudah sesuai dengan prosedur yang umum digunakan. Jaga terus sepatu putih kamu ya agar lebih awet dan terawat!

Comments


Tertarik Cuci Sepatu di SiBersih?

Dan dapatkan layanan cuci sepatu berkualitas dengan garansi kebersihan sepatu!

bottom of page